Aika dulu kita melamar pekerjaan ke perusahaan yang ingin dituju dengan membawa berkas atau lamaran kerja, sekarang ini telah cukup banyak perusahaan yang merekrut karyawan secara online, misalnya iklan lowongan kerja yang dimuat di website lowongan kerja, sampai proses mengirim surat lamaran kerja / CV melalui surat elektronik / surel alias Email.
Aika anda belum pernah kirim lamaran kerja via Email sebelumnya, & perusahaan yang anda tuju mewajibkan anda untuk kirim CV lewat email, maka kali ini blog berbagiinfor4u akan menaruh citra akbar langkah langkah kirim lamaran kerja lewat email.
1. MENULIS SURAT LAMARAN
Langkah pertama adalah menulis surat lamaran kerja, lebih baik diketik & bukan tulisan tangan. Knda sanggup dengan Microsoft Word untuk mengetik surat lamaran, daftar riwayat hidup & dokumen pendukung lainnya. Setelah diketik anda sanggup menyimpannya dalam bentuk dokumen Word.
2. SCAN DOKUMEN DAN FOTO
Selanjutnya adalah Scan, Scan sanggup diartikan pemindaian dengan teknologi personal komputer (scanner). Beberapa dokumen yang biasa di scan untuk lamaran kerja antara lain KTP / SIM, Ijazah terakhir, SKCK, referensi sehat, NPWP dll. Scan lah semua dokumen yang disyaratkan sang penyedia lowongan kerja. Jangan lupa pas foto dalam bentuk digital. Aika anda tak punya scanner, sanggup dengan jasa scan yang umumnya masih ada pada toko toko fotokopi atau digital printing.
3. KIRIM DOKUMEN LEWAT EMAIL
Apabila semua dokumen telah lengkap & tersimpan dalam satu folder "lamaran kerja" di hardisk personal komputer atau flashdisk maka selanjutnya adalah kirim dokumen lewat email. Sebelumnya agar folder lamaran kerja sanggup dikirim sekaligus, maka folder sanggup diubah sebagai RAR.
Langkah terakhir adalah mengirim arsip ke alamat email perusahaan yang membuka lowongan kerja. Silahkah log in dulu ke akun email anda, seandainya belum punya akun email, anda sanggup lihat cara buat email di Gmail perdeo. Langkah langkah kirim berkas / dokumen di Gmail adalah sebagai berikut :
Masuk ke akun Gmail
Klik menu Tulis, selanjutnya akan timbul kotak Pesan Baru
Dibagian "Kepada" isilah dengan alamat email perusahaan yang ingin anda lamar.
Pada bagian subjek sanggup ditulis "Lamaran Kerja"
Selanjutnya klik menu "Lampirkan File" (ikon paperclip), lalu pilih dokumen "Lamaran kerja" anda yang masih ada di Harddisk personal komputer atau flashdisk, kemudian klik Open.
Terakhir klik tombol Kirim.
Nah begitulah cara mudah kirim surat lamaran kerja / CV lewat email. Bagi anda yang masih menganggur & ingin segera mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan ijazah & keahlian, sanggup melihat artikel berikut ini : Daftar situs lowongan kerja terupdate.
Advertisement